Kemarin saya menerima forward email yang cukup menarik dari rekan saya. Di samping berbicara tentang signifikansi relationship, isi email tersebut juga bisa dibilang semakin mengukuhkan jargon: the right man in the right place can make all the difference. Berikut adalah isi email tersebut (dengan perubahan seperlunya):
Ada tiga
kaleng Coca Cola. Ketiga kaleng tersebut diproduksi di pabrik yang
sama. Sebuah truk kemudian datang ke pabrik, mengangkut kaleng-kaleng
Coca Cola menuju ke tempat yang berbeda untuk pendistribusian.
Pemberhentian
pertama adalah supermaket lokal. Kaleng Coca Cola pertama diturunkan
disini. Kaleng itu dipajang di rak bersama dengan kaleng Coca Cola
lainnya dan diberi harga Rp4.000.
Pemberhentian
kedua adalah pusat perbelanjaan besar. Di sana, kaleng kedua
diturunkan. Kaleng tersebut ditempatkan di dalam kulkas agar dingin dan
dijual dengan harga Rp7.500.
Pemberhentian
terakhir adalah hotel bintang lima yang sangat mewah. Kaleng Coca Cola
ketiga diturunkan di sana. Kaleng ini tidak ditempatkan di rak atau di
dalam kulkas. Kaleng ini hanya akan dikeluarkan jika ada pesanan dari
pelanggan. Dan ketika ada yang memesan, kaleng ini dikeluarkan besama
dengan gelas kristal berisi batu es. Semua disajikan di atas baki dan
pelayan hotel akan membuka kaleng Coca Cola itu, menuangkannya ke dalam
gelas dan dengan sopan menyajikannya ke pelanggan. Harganya Rp60.000.
Pertanyaannya,
mengapa ketiga kaleng Coca Cola tersebut memiliki harga yang berbeda
padahal diproduksi dari pabrik yang sama, diantar dengan truk yang sama,
dan bahkan mereka memiliki rasa yang sama?
Lingkungan Anda mencerminkan harga Anda. Lingkungan berbicara tentang RELATIONSHIP.
Apabila
Anda berada di lingkungan yang bisa mengeluarkan hal terbaik dari diri
Anda, maka Anda akan menjadi cemerlang. Tapi bila Anda berada
dilingkungan yang meng-kerdil-kan diri Anda, maka Anda akan menjadi
kerdil.
(Orang yang sama, Bakat yang sama, Kemampuan yang sama) + Lingkungan yang berbeda = NILAI YANG BERBEDA.
*Sumber gambar dari hasil pencarian Google.
Post a Comment