Kemarin saya menerima forward email yang cukup menarik dari rekan saya. Di samping berbicara tentang signifikansi relationship, isi email tersebut juga bisa dibilang semakin mengukuhkan jargon: the right man in the right place can make all the difference. Berikut adalah isi email tersebut (dengan perubahan seperlunya): 
Ada tiga
 kaleng Coca Cola. Ketiga kaleng tersebut diproduksi di pabrik yang 
sama. Sebuah truk kemudian datang ke pabrik, mengangkut kaleng-kaleng 
Coca Cola menuju ke tempat yang berbeda untuk pendistribusian. 
Pemberhentian
 pertama adalah supermaket lokal. Kaleng Coca Cola pertama diturunkan 
disini. Kaleng itu dipajang di rak bersama dengan kaleng Coca Cola 
lainnya dan diberi harga Rp4.000. 
Pemberhentian
 kedua adalah pusat perbelanjaan besar. Di sana, kaleng kedua 
diturunkan. Kaleng tersebut ditempatkan di dalam kulkas agar dingin dan 
dijual dengan harga Rp7.500. 
Pemberhentian
 terakhir adalah hotel bintang lima yang sangat mewah. Kaleng Coca Cola 
ketiga diturunkan di sana. Kaleng ini tidak ditempatkan di rak atau di 
dalam kulkas. Kaleng ini hanya akan dikeluarkan jika ada pesanan dari 
pelanggan. Dan ketika ada yang memesan, kaleng ini dikeluarkan besama 
dengan gelas kristal berisi batu es. Semua disajikan di atas baki dan 
pelayan hotel akan membuka kaleng Coca Cola itu, menuangkannya ke dalam 
gelas dan dengan sopan menyajikannya ke pelanggan. Harganya Rp60.000. 
Pertanyaannya,
 mengapa ketiga kaleng Coca Cola tersebut memiliki harga yang berbeda 
padahal diproduksi dari pabrik yang sama, diantar dengan truk yang sama,
 dan bahkan mereka memiliki rasa yang sama? 
Lingkungan Anda mencerminkan harga Anda. Lingkungan berbicara tentang RELATIONSHIP. 
Apabila
 Anda berada di lingkungan yang bisa mengeluarkan hal terbaik dari diri 
Anda, maka Anda akan menjadi cemerlang. Tapi bila Anda berada 
dilingkungan yang meng-kerdil-kan diri Anda, maka Anda akan menjadi 
kerdil. 
(Orang yang sama, Bakat yang sama, Kemampuan yang sama) + Lingkungan yang berbeda = NILAI YANG BERBEDA. 
*Sumber gambar dari hasil pencarian Google.

Post a Comment