Syaikh Ibn `Utsaimīn—rahimahu’Llāh—pernah ditanya, “Fadhīlata’sy Syaikh,
semoga Allah membalas Anda dengan kebaikan. Kami ingin mengetahui apa
itu Salafiyyah sebagai manhaj, dan bolehkah kita menisbatkan diri
kepadanya? Bolehkah kita mengingkari orang-orang yang tidak menisbatkan
diri kepada Salafiyyah tersebut?
Jawaban beliau:
Salafiyyah adalah mengikuti manhaj Nabi—shalla’Llāhu `alaihi wa sallam—dan
para Sahabat beliau, karena merekalah Salaf kita, yang telah mendahului
kita. Mengikuti (meneladani) mereka itulah Salafiyyah. Adapun
menjadikan Salafiyyah sebagai suatu manhaj spesifik yang seseorang itu
bersikap sangat ekslusif dengannya serta menyesatkan orang lain yang
menyelisihinya dari kalangan kaum muslimin—meskipun mereka di atas
kebenaran—maka tidak diragukan lagi bahwa hal ini (justru) menyelisihi
Salafiyyah.
Seluruh generasi Salaf menyeru kepada Islam dan ber-ilti’ām seputar Sunnah Nabi—shalla’Llāhu `alaihi wa sallam—dan mereka tidak menyesatkan orang yang menyelisihi mereka disebabkan ta’wīl.
Kecuali dalam permasalahan aqidah, maka mereka memandang bahwa orang
yang menyelisihi mereka dalam hal tersebut adalah orang yang sesat.
Namun,
sebagian orang yang bermanhajkan Salafiyyah pada zaman kita sekarang
ini menyesatkan setiap orang yang menyelisihinya—meskipun (ternyata)
kebenaran ada pada orang tersebut. Sebagian orang tersebut menjadikan Salafiyyah sebagai suatu manhaj hizbi
(sektarian), seperti halnya manhaj kelompok-kelompok lain yang
berafiliasi kepada Islam. Inilah hal yang diingkari dan tidak mungkin
disetujui.
Hendaklah
dikatakan (kepada mereka): lihatlah madzhab Salaf yang shalih, apa yang
mereka lakukan dalam tata cara mereka serta kelapangan dada mereka
dalam menyikapi perbedaan pendapat pada masalah-masalah yang dibolehkan ijtihād
di dalamnya. Bahkan, sampai-sampai mereka berselisih pendapat dalam
masalah-masalah yang besar, masalah-masalah aqidah, masalah-masalah
ilmiah. Engkau dapati, misalnya, sebagian mereka menafikan bahwa Nabi—shalla’Llāhu `alaihi wa sallam—pernah melihat Rabbnya (pada peristiwa isrā’ mi`rāj),
sedangkan sebagian lain menetapkan hal tersebut. Engkau juga dapati
sebagian mereka mengatakan bahwa yang ditimbang pada hari kiamat adalah
amal, sedangkan sebagian lain mengatakan bahwa yang ditimbang adalah
lembaran-lembaran amal. Engkau lihat pula bahwa mereka berbeda pendapat
dalam masalah-masalah fiqh, baik dalam hal nikah, waris, iddah, jual
beli, dan lain sebagainya. Meskipun demikian mereka tidak saling
menyesatkan satu sama lain.
Dengan demikian, Salafiyyah dengan makna kelompok (hizb)
khusus yang memiliki ciri-ciri spesifik, di mana anggota-anggotanya
menyesatkan orang-orang selain mereka, maka mereka itu sama sekali
bukanlah termasuk Salafiyyah.
Adapun Salafiyyah sebagai peneladanan (ittibā`)
terhadap manhaj Salaf dalam hal aqidah, perkataan, perbuatan, perbedaan
pendapat, kesepakatan, serta saling mencintai dan menyayangi, maka
inilah Salafiyyah yang benar. Sebagaimana sabda Nabi—shalla’Llāhu `alaihi wa sallam,
مثل المؤمنين في توادهم و تراحمهم و تعاطفهم كمثل الجسد الواحد، إذااشتكى منه عضو تداعى له سائر الجسد بالحمى و السهر
“Perumpamaan
kaum mukminin dalam hal mencintai, menyayangi dan mengasihi seperti
halnya satu jasad, jika salah satu anggota tubuh mengeluhkan sakit, maka
seluruh jasad terserang demam dan tidak dapat tidur.” [Riwayat al-Bukhari, Muslim dan Ahmad.]
[Liqā'āt al-Bāb al-Maftūh, Syaikh Muhammad Ibn Shālih al-`Utsaimīn, i`dād Dr. `Abdu'Llah Ibn Muhammad ath-Thayyār, Dār al-Bashīrah, Iskandaria, vol. III, hal. 246-247. Dengarkan pula kaset Silsilah Liqā' al-Bāb al-Maftūh, no. 57, akhir side A dan awal side B.]
Catatan Tambahan:
Senada dengan Ucapan Syaikh Ibn `Utsaimīn di atas, Ibn al-Jazari berkata
Jadilah kau di atas metode jalan Salaf
di dalam perkara ijmak ataupun khilaf
[Lihat: al-Nasyr fi al-Qirāāt al-`Asyr, vol. I, hlm. 14, melalui perantaraan al-Ijābāt al-Wādhihāt li Suālāt al-Qirāāt, karya Ahmad Mahmud `Abd al-Samī` al-Syāfi`i, Dār al-Kutub al-`Ilmiyyah, Beirut, cet. I, 1423 H/2002.]
Catatan Tambahan:
Senada dengan Ucapan Syaikh Ibn `Utsaimīn di atas, Ibn al-Jazari berkata
فكن على نهج سبيل السلف
في مجمع عليه أو مختلف
Jadilah kau di atas metode jalan Salaf
di dalam perkara ijmak ataupun khilaf
[Lihat: al-Nasyr fi al-Qirāāt al-`Asyr, vol. I, hlm. 14, melalui perantaraan al-Ijābāt al-Wādhihāt li Suālāt al-Qirāāt, karya Ahmad Mahmud `Abd al-Samī` al-Syāfi`i, Dār al-Kutub al-`Ilmiyyah, Beirut, cet. I, 1423 H/2002.]
Salam,
Adni Abu Faris an-Nuri
Sumber gambar dari hasil pencarian Google.
Teks Arab:
سئل
الشيخ محمد بن صالح العثيمين: جزاكم الله خيرا نريد أن نعرف ما هي السلفية
كمنهج، وهل لنا أن ننتسب إليها؟ وهل لنا أن ننكر على من لا ينتسب إليها؟
فأجاب الشيخ:
السلفية هي اتباع منهج النبي صلى الله عليه وسلم و أصحابه، لأنهم سلفناتقدموا علينا، فأتباعهم هو السلفية، و أما اتخاذ السلفية كمنهج خاصينفرد
به الإنسان و يضلل من خالفه من المسلمين و لو كانوا على حق، فلا شك أن هذا
خلاف السلفية. فالسلف كلهم يدعون إلى الإسلام والالتئامحول سنة الرسول صلى الله عليه و سلم. ولا يضللون من خالفهم عن تأويل، اللهم إلا في العقائد، فإنهم يرون من خالفهم فيها فهو ضال.
لكن بعض منانتهج
السلفية في عصرنا هذا صار يضلل كل من خالفه و لو كان الحق معه، واتخذها
بعضهم منهجا حزبيا كمنهج الأحزاب الأخرى التي تنتسب إلى الإسلام، وهذا هو
الذي ينكر و لا يمكن إقراره.
ويقال: انظروا إلى مذهب السلف الصالح ماذا كانوا يفعلون في طريقتهم وفيسعة صدورهم في الخلاف الذي يسوغ فيه الاجتهاد، حتى إنهم كانوا يختلفون فيمسائل كبيرة، في مسائل عقدية، وفي مسائل علمية، فتجد بعضهم مثلا ينكر أن الرسول صلى الله عليه و سلم رأى ربه، وبعضهم يقول بذلك، وبعضهم يقول: إن الذي يوزن يوم القيامة هي الأعمال، وبعضهم يرى أن صحائفالأعمال هي التي توزن. و تراهم أيضا في مسائل الفقه يختلفون، فيالنكاح، في الفرائض، في العدد، في البيوع، في غيرها، ومع ذلك لايضلل بعضهم بعضا. فالسلفية بمعنى أن تكون حزبا خاصا له مميزاته و يضللأفراده سواهم: فهؤلاء ليسوا من السلفية في شيء.
وأما السلفية التي هياتباع منهج السلف عقيدة، و قولا، و عملا، واختلافا، و اتفاقا، وتراحما، وتوادا، كما قال النبي صلى الله عليه و سلم: [مثل المؤمنين في توادهم و تراحمهم و تعاطفهم كمثل الجسد الواحد، إذااشتكى منه عضو تداعى له سائر الجسد بالحمى و السهر] فهذه هي السلفيةالحقة.
المصدر : لقاء الباب المفتوح رقم السؤال 1322
Sudahkah pantaskah kita disebut sebagai seorang salafi?
ReplyDeleteSementara akhlak & muamalah kita belum seperti yang dikehendaki?
Jangan sampai seperti pepatah yang mengatakan:
كل يدعي وصلا بليلى وليلى لا تقر لهم بذاك
Semua mengaku-ngaku punya hubungan dengan Laila
Namun Laila memungkiri pengakuan-pengakuan mereka tersebut
Betapa banyak pula orang yang mengaku-ngaku sebagai salafi namun aqidah, akhlak dan amalnya tidak menunjukkan akan kesalafiyahannya…